Nomor : 042/Ka.ProdiTK/20/TK/VI/2022

Bismillahirrahmanirrahim
Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dengan ini disampaikan bahwa:

  1. Nama-nama mahasiswa yang telah mendapatkan dosen pembimbing Penelitian Semester GENAP Tahun Akademik 2021/2022 dapat dilihat di sini.
  2. Mahasiswa melakukan pembayaran:
    • Pembayaran Biaya Bimbingan: Bank Mandiri Nomer Rekening 1370002283907 a.n. Universitas Islam Indonesia Fakultas Teknologi Industri
    • Pembayaran Pemakaian Laboratorium: Bank Mandiri Nomer Rekening 1370020457129 a.n. Dyah Retno Sawitri / Kamariah
  3. Mahasiswa ke laboratorium yang akan dipakai untuk penelitian dengan menemui laboran dan menyerahkan:
    • Surat Pengajuan Ijin Penelitian yang sudah ditandatangani oleh Dosen Pembimbing Penelitian;
    • Proposal Penelitian yang sudah ditandatangani oleh Dosen Pembimbing Penelitian;
    • Foto copy Bukti Pembayaran Pemakaian Laboratorium;
    • Setelah lengkap maka Laboran akan membuat surat ijin akses penelitian.
  4. Mahasiswa menghubungi Admin Prodi melalui email [email protected] untuk mendapatkan SK Dosen Pembimbing Penelitian dengan melampirkan:
    • Scan Bukti Pembayaran Biaya Bimbingan;
    • Scan Surat Ijin Akses Laboratorium;
    • Scan Bukti key in Penelitian pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021.
  5. Untuk bisa memulai penelitian maka mahasiswa:
    • Mahasiswa mengisi lembar peminjaman alat penelitian ke laboran dengan menyerahkan Fotocopy SK Dosen Pembimbing Penelitian kepada laboran;
    • Laboran menyiapkan alat sesuai dengan yang tertera di lembar peminjaman alat penelitian.
  6. Apabila penelitian dilakukan di luar Laboratorium di lingkungan Program Studi Teknik Kimia, FTI – UII, maka mahasiswa harus mengajukan Surat Ijin Melakukan Penelitian di luar Laboratorium di lingkungan Program Studi Teknik Kimia kepada Ketua Program Studi Teknik Kimia FTI- UII dengan melampirkan alasan dan diketahui oleh Dosen Pembimbing.Demikian pengumuman ini disampaikan.

Harap menjadikan periksa

Wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yogyakarta, 1 Juni 2022

ttd.

Ir. Suharno Rusdi, Ph.D.
Ketua Program Studi Teknik Kimia
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Download: Poster 17th ISChES

17th ISChES (Internal Seminar of Chemical Engineering Students Universitas Islam Indonesia)

3 June 2022: Fullpaper submission
4 June 2022: First notification
5 June 2022: Revision of Manuscript & Final Report
6 June 2022: Acceptance notification
8 June 2022: Conference date

Topics of Interest (But not limited to),

  • Chemical Engineering Process
  • Chemical Engineering Reaction and Catalysis
  • Polymers and Advanced Materials
  • Food Technology
  • Textile Engineering and Natural Dyes
  • Wastewater Treatment
  • Energy Conversion
  • Renewable Energy
  • Biomass Processing Technology

Mandatory requirements for seminar registration (PDF):

  • Key-in Screenshot (Bukti Key-in)
  • Letter Of Assignment (Surat Tugas Penelitian)
  • Manuscript (Naskah Seminar, Mengikuti Format)
  • Plagiarism Checking Result (Hasil Pengecekan Plagiasi)
  • Final Report (Laporan Penelitian)
  • Page Of Final Report Approval (Halaman Pengesahan)
  • Letter Of Seminar Approval (Surat Persetujan Seminar)
  • Laboratories Confirmation Letter (Surat Bebas Lab)
  • Mentoring Payment Receipt (Bukti Pembayaran Bimbingan)
  • Lab Payment Receipt (Bukti Pembayaran Laboratorium)

 

Registration:
https://bit.ly/Daftar17thISCHES
Download Tutorial & Template:
http://tiny.cc/ISChES17-doc

 

 

 

Downlaod pengumuman: Pengumuman Pendadaran Periode Juni 2022

PENGUMUMAN
No. 037/KaProdi/20/TK/VI/2022
Tentang
PENDADARAN PERIODE JUNI 2022
Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Bersama ini diumumkan bahwa:

  1. Pendaftaran Pendadaran Prodi Teknik Kimia dibuka mulai tanggal 27 Mei 2022 hingga tanggal 9 Juni 2022 pukul 16.00 WIB.
  2. Ujian Pendadaran dilaksanakan secara offline/luring pada tanggal 14-15 Juni 2022.
  3. Syarat-syarat untuk dapat mengikuti Ujian Pendadaran ialah sebagai berikut:
  • Naskah Pendadaran dalam format pdf yang dilengkapi dengan lembar pengesahan yang sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing.
  • Softcopy Bukti telah melakukan key-in Pendadaran di UIIGateway.
  • Softcopy SK Dosen Pembimbing Tugas Akhir Perancangan Pabrik (SK awal – akhir)
  • Softcopy blanko konsultasi tugas akhir (minimal telah melakukan 8 kali konsultasi untuk setiap pembimbing).
  • Soft copy bukti telah Tutup Teori dari UIIGateway
  • Soft copy lembar pengesahan asli Naskah Pendadaran yang telah ditandatangani Pembimbing 1 dan Pembimbing 2.
  • Soft copy nilai CEPT CILACS-UII dengan nilai minimal 422.
  • Soft copy nilai BTAQ, PNDI, LKID dan S3D dari UIIGateway.
  • Soft copy Ijazah SLTA.
  • Soft copy Akte Kelahiran.
  • Softcopy bukti surat keterangan telah mengumpulkan laporan penelitian dari Program Studi atau surat keterangan telah mengikuti seminar hasil penelitian dari panitia Seminar Penelitian (ISChES)
  • Softcopy kuitansi pembayaran uj ian pendadaran via mobile banking atau teller Bank yang di dalamnya tertulis keterangan tujuan pembayaran. Tidak diperkenankan melakukan transaksi melalui e-wallet atau pembayaran dalam bentuk uang elektronik lainnya (GoPay, OVO, Shopee, dan lain-lain)
  • Softcopy kuitansi pembayaran SPP terbaru (Angsuran ke-4 Semester Genap 2021/2022).
  • Softcopy foto resmi berwarna latar belakang warna biru UII dengan format jpeg (foto dipergunakan untuk buku wisuda dan ijazah)
  • Softcopy nilai Penelitan telah diseminarkan dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy nilai Komprehensif dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy nilai Keija Praktik dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy nilai KKN dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy status vaksinasi dari aplikasi Peduli Lindungi. Nama wajib terlihat pada screenshoot.

Pendaftaran Ujian Pendadaran dilakukan secara online dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan pada link: http://tiny.cc/PnddrnJuni22 sesuai dengan format nama dokumen di Lampiran 1 dan contoh gambar di Lampiran 2.

Mengingat bahwa pendadaran dilakukan secara offline, hal-hal berikut ini harus diperhatikan:
a. Mahasiswa harus selalu menaati protokol kesehatan.
b. Mahasiswa yang berhak untuk hadir di kampus adalah peserta pendadaran sesuai dengan jadwal.
c. Mahasiswa menahan diri untuk tidak melakukan selebrasi (berkerumun, foto bersama, dan sejenisnya)

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadikan periksa. Terima kasih.
Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Yogyakarta, 27 Mei 2022
Suharno Rusdi, Ph.D.
Kepala Program Studi Teknik Kimia
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Bismillahirrahmaanirrahiim….

Bersama ini kami sampaikan bahwa pelaksanaan Ujian Komprehensif akan dilaksanakan pada:
Hari        : Kamis
Tanggal  : Juni 2022
Waktu    :  Sesi 1 (09:00 – 10:00 WIB) dan Sesi 2 (10:30 – 11:30 WIB)
Tempat  :  Laboratorium Komputasi dan Simulasi, Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri Gedung K. H. Wahid Hasyim

Berikut ketentuan Ujian Komprehensif:

  1. Sudah Key-In ujian komprehensif pada Semester GENAP Tahun Akademi 2021/2022
  2. Prasyarat mata kuliah yang sudah diambil :
    1. Kurikulum 2010 bidang studi Teknik Kimia:
      1. Alat Industri Kimia
      2. Perancangan Pabrik Kimia 2
    2. Kurikulum 2010 bidang studi Teknik Tekstil:
      1. Perancangan Pabrik Tekstil 2
      2. Sistem Manufaktur Tekstil 5
  3. Ujian dilakukan secara luring dan tutup buku/closed book.
  4. Selama ujian tidak diperbolehkan membawa smart phone.
  5. Saat Ujian Komprehensif diperbolehkan membawa kalkulator yang bukan merupakan aplikasi di smart phone.
  6. Bagi mahasiswa yang akan mengulang ujian komprehensif dikenakan biaya Rp. 50.000,- per ujian (setelah ujian ke-2).
  7. Bagi Mahasiswa yang sudah mendapatkan nilai B tidak diperkenankan untuk mengulang ujian komprehensif.
  8. Mahasiswa yang mengikuti Ujian Komprehensif dapat dilihat di sini.

Harap menjadikan periksa.

Berikut disampaikan ketemtuan pemilihan Dosen Pembimbing PENELITIAN Semester GENAP Tahun Akademik 2021/2022, yaiut:

  1. Mahasiswa yang berhak memilih Dosen Pembimbing Penelitian adalah yang sudah melakukan key in Penelitian Semester GENAP Tahun Akademik 2021/2022;
  2. Pemilihan dosen pembimbing Penelitianmahasiswa Program Studi S1 Teknik Kimia dilaksanakan pada: MINGGU, 15 Mei 2022 mulai jam 16:00 WIB;
  3. Mahasiswa yang melakukan pemilihan dosen pembimbing sebelum hari dan waktu tersebut dianggap gugur;
  4. Pemilihan dilakukan dengan cara mengisi form ONLINE pada alamat: https://bit.ly/PemilihanPembimbingPenelitianGENAP_TA2122;
  5. Mahasiswa HARUS membaca kuota ketersediaan Dosen Pembimbing;
  6. Mahasiswa berhak memilih 16 (ENAM BELAS) Calon Dosen Pembimbing sesuai ketersediaan Dosen Pembimbing;
  7. Setiap kelompok terdiri atas 2 (dua) mahasiswa atau diperbolehkan hanya 1 (satu) mahasiswa;
  8. Untuk kelompok yang terdiri atas 2 mahasiswa, cukup 1 mahasiswa yang melakukan pemilihan pada mengisi form online;
  9. Penentuan Dosen Pembimbing terpilih ditentukan berdasarkan pengisian form dengan WAKTU TERCEPAT dan URUTAN PILIHAN.

Kuota ketersediaan Dosen Pembimbing Penelitian dapat diunduh di sini.

Berikut ketentuan Pemilihan Dosen Pembimbing TA Prarancangan Pabrik Semester GENAP Tahun Akademik 2021/2022 adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa yang berhak memilih Dosen Pembimbing Tugas Akhir Pra rancangan Pabrik adalah yang sudah melakukan key in TUGAS AKHIR PRA RANCANGAN PABRIK Semester GENAP Tahun Akademik 2021/2022.
  2. Pemilihan dosen pembimbing Tugas Akhir Pra rancangan Pabrik mahasiswa Program Studi S1 Teknik Kimia dilaksanakan dengan 2 tahap:
    • Pemilihan Dosen Pembimbing 1 : JUM’AT, 22 April 2022 mulai jam 20:00 WIB.
    • Pemilihan Dosen Pembimbing 2 : SABTU, 23 April 2022 mulai jam 20:00 WIB.
  3. Mahasiswa yang melakukan pemilihan dosen pembimbing sebelum hari dan waktu tersebut dianggap gugur.
  4. Pemilihan dilakukan dengan cara mengisi form ONLINE pada alamat:
  5. Mahasiswa HARUS membaca kuota ketersediaan Dosen Pembimbing Tugas Akhir Pra rancangan Pabrik.
  6. Mahasiswa berhak memilih 6 (ENAM) Calon Dosen Pembimbing 1 dan 9 (SEMBILAN) Calon Dosen Pembimbing 2 sesuai ketersediaan Dosen Pembimbing.
  7. Setiap kelompok terdiri atas 2 (dua) mahasiswa atau diperbolehkan hanya 1 (satu) mahasiswa.
  8. Untuk kelompok yang terdiri atas 2 mahasiswa, cukup 1 mahasiswa yang melakukan pemilihan pada mengisi form online.
  9. Penentuan Dosen Pembimbing terpilih ditentukan berdasarkan pengisian form dengan WAKTU TERCEPAT dan URUTAN PILIHAN.

File pengumuman dapat diunduh di sini.

Bismillahirrahmaanirrahiim….

 

Bersama ini kami sampaikan bahwa pelaksanaan Ujian Komprehensif akan dilaksanakan pada:

  • Hari        :  Rabu
  • Tanggal  :  23 Maret 2022
  • Waktu    :  Seperti pada file terlampir
  • Tempat  :  Laboratorium Komputasi dan Simulasi, Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri Gedung K. H. Wahid Hasyim

Berikut ketentuan Ujian Komprehensif:

  1. Sudah Key-In ujian komprehensif
  2. Ujian dilakukan secara luring dan tutup buku/closed book.
  3. Selama ujian tidak diperbolehkan membawa smart phone.
  4. Saat Ujian Komprehensif diperbolehkan membawa kalkulator yang bukan merupakan aplikasi di smart phone.
  5. Bagi mahasiswa yang akan mengulang ujian komprehensif dikenakan biaya Rp. 50.000,- per ujian (setelah ujian ke-2).
  6. Bagi Mahasiswa yang sudah mendapatkan nilai B tidak diperkenankan untuk mengulang ujian komprehensif.
  7. Bagi Mahasiswa yang ingin memperbaiki nilai akan diatur pada jadwal tersendiri.
  8. Bagi Mahasiswa yang belum Ujian Komprehensif dan namanya tidak tercantum, dapat menghubungi petugas administrasi Program Studi.

Harap menjadikan periksa.

Catatan:

Download pengumuman: Poster 16th ISChES

16th ISChES (Internal Seminar of Chemical Engineering Students Universitas Islam Indonesia)

16-22 March 2022: Fullpaper submission
23 March 2022: First notification
23-24 March 2022: Revision of Manuscript & Final Report
24 March 2022: Acceptance notification
25 March 2022: Conference date

Topics of Interest (But not limited to):
• Chemical Engineering Process
• Chemical Engineering Reaction and Catalysis
• Polymers and Advanced Materials
• Food Technology
• Textile Engineering and Natural Dyes
• Wastewater Treatment
• Energy Conversion
• Renewable Energy
• Biomass Processing Technology

Mandatory requirements for seminar registration (PDF file):
• Key-In screenshot
• Letter of assignment (Surat Tugas Penelitian)
• Manuscript (Naskah Seminar, mengikuti format)
• Plagiarism Checking Result (Hasil Pengecekan Plagiasi)
• Final Report (Laporan Penelitian)
• Page of Final Report Approval (Halaman Pengesahan)
• Letter of Seminar Approval (Surat Persetujan Seminar)
• Laboratories confirmation letter (surat bebas lab)

Registration:
http://tiny.cc/DaftarISChES16
Download Tutorial & Template:
http://tiny.cc/ISChES16-doc

Download pengumuman: Pengumuman Pendadaran Periode Maret 2022

PENDADARAN PERIODE MARET 2022
Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Bersama ini diumumkan bahwa:

  1. Pendaftaran Pendadaran Prodi Teknik Kimia dibuka mulai tanggal 17 Maret 2022 hingga tanggal 26 Maret 2022 pukul 16.00 WIB.
  2. Ujian Pendadaran dilaksanakan secara offline/luring pada tanggal 29-30 Maret 2022.
  3. Syarat-syarat untuk dapat mengikuti Ujian Pendadaran ialah sebagai berikut:
    a. Naskah Pendadaran dalam format pdf yang dilengkapi dengan lembar pengesahan yang sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing.
    b. Softcopy Bukti telah melakukan key-in Pendadaran di UIIGateway.
    c. Softcopy SK Dosen Pembimbing Tugas Akhir Perancangan Pabrik (SK awal – akhir)
    d. Softcopy blanko konsultasi tugas akhir (minimal telah melakukan 8 kali konsultasi).
    e. Soft copy bukti telah Tutup Teori dari UIIGateway
    f. Soft copy lembar pengesahan asli Naskah Pendadaran yang telah ditandatangani Pembimbing 1 dan Pembimbing 2.
    g. Soft copy nilai CEPT CILACS-UII dengan nilai minimal 422.
    h. Soft copy nilai BTAQ, PNDI, LKID dan S3D dari UIIGateway.
    i. Soft copy Ijazah SLTA.
    j. Soft copy Akte Kelahiran.
    k. Softcopy bukti surat keterangan telah mengumpulkan laporan penelitian dari Program Studi atau surat keterangan telah mengikuti seminar hasil penelitian dari panitia Seminar Penelitian (ISChES)
    l. Softcopy kuitansi pembayaran uj ian pendadaran via mobile banking atau teller Bank yang di dalamnya tertulis keterangan tujuan pembayaran. Tidak diperkenankan melakukan transaksi melalui e-wallet atau pembayaran dalam bentuk uang elektronik lainnya (GoPay, OVO, Shopee, dan lain-lain)
    m. Softcopy kuitansi pembayaran SPP terbaru (Angsuran ke-3 Semester Genap 2021/2022).
    n. Softcopy foto resmi berwarna latar belakang warna biru UII dengan format jpeg (foto dipergunakan untuk buku wisuda dan ijazah)
    o. Softcopy nilai Penelitan telah diseminarkan dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
    p. Softcopy nilai Komprehensif dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
    q. Softcopy nilai Keija Praktik dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
    r. Softcopy nilai KKN dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
    s. Softcopy status vaksinasi dari aplikasi Peduli Lindungi. Nama wajib terlihat pada screenshoot.
  4. Pendaftaran Ujian Pendadaran dilakukan secara online dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan pada link: http://tiny.cc/PendadaranMaret2022 sesuai dengan format nama dokumen di Lampiran 1 dan contoh gambar di Lampiran 2.
  5. Mengingat bahwa pendadaran dilakukan secara offline, hal-hal berikut ini harus diperhatikan:
    a. Mahasiswa harus selalu menaati protokol kesehatan.
    b. Mahasiswa yang berhak untuk hadir di kampus adalah peserta pendadaran sesuai dengan jadwal.
    c. Mahasiswa menahan diri untuk tidak melakukan selebrasi (berkerumun, foto bersama, dan
    sejenisnya)

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadikan periksa. Terima kasih.
Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Yogyakarta, 16 Maret 2022
Suharno Rusdi, Ph.D.
Kepala Program Studi Teknik Kimia
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Bismillahirrahmaanirrahiim….

 

Bersama ini kami sampaikan bahwa pelaksanaan Ujian Komprehensif akan dilaksanakan pada:

  • Hari        :  Rabu 
    Tanggal  :  16 Maret 2022
    Waktu    :  Seperti pada file terlampir
    Tempat  :  Laboratorium Komputasi dan Simulasi, Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri Gedung K. H. Wahid Hasyim

Berikut ketentuan Ujian Komprehensif:

  1. Sudah Key-In ujian komprehensif
  2. Ujian dilakukan secara luring dan tutup buku/closed book.
  3. Selama ujian tidak diperbolehkan membawa smart phone.
  4. Saat Ujian Komprehensif diperbolehkan membawa kalkulator yang bukan merupakan aplikasi di smart phone.
  5. Bagi mahasiswa yang akan mengulang ujian komprehensif dikenakan biaya Rp. 50.000,- per ujian (setelah ujian ke-2).
  6. Bagi Mahasiswa yang sudah mendapatkan nilai B tidak diperkenankan untuk mengulang ujian komprehensif.
  7. Bagi Mahasiswa yang ingin memperbaiki nilai akan diatur pada jadwal tersendiri.
  8. Bagi Mahasiswa yang belum Ujian Komprehensif dan namanya tidak tercantum, dapat menghubungi petugas administrasi Program Studi.

Harap menjadikan periksa.

Catatan: