Sekilas Profil Kami

Prodi Teknik Kimia merupakan salah satu pelopor berdirinya Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia. Diawali dengan dibukanya Prodi Teknologi Tekstil pada tahun 1975, sebagai salah satu Prodi di Fakultas Teknik (Teknik Tekstil dan Teknik Sipil). Pada tahun 1982 Prodi Teknologi Tekstil mengalami perubahan menjadi Fakultas Teknologi Tekstil. Kemudian pada tahun 1993 kembali ke Prodi Teknik Tekstil di bawah Fakultas Teknologi Industri (Teknik Tekstil dan Teknik Industri) berdasarkan SK Mendikbud RI No. 257/DIKTI/Kep/1993.  Akhirnya pada tahun 1995 sampai sekarang berubah menjadi Prodi Teknik Kimia dengan SK Mendikbud No. 433/DIKTI/Kep/1995 dengan dua bidang konsentrasi, yaitu bidang Teknik Kimia dan bidang Teknik Tekstil. Saat ini Prodi Teknik Kimia UII memiliki 33 dosen tetap bergelar Doktor (S3) dan Magister (S2)– 25 orang.

Per 17 Juli 2018 Prodi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK No: 1796/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018. Pencapaian ini membuat prodi Teknik Kimia UII menjadi yang pertama dan satu-satunya yang prodi di Universitas swasta yang mendapatkan akreditasi A se Jawa Tengah, Yogyakarta, dan menempati urutan ke-3 nasional.

Visi

Staff Prodi Teknik Kimia berasal dari berbagai latar belakang akademik dan bidang penelitian, serta merupakan lulusan dari perguruan tinggi ternama baik nasional maupun internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik kimia bertaraf internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian berkualitas internasional yang berwawasan lingkungan di bidang teknik kimia yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan manfaat berkelanjutan.
  4. Menyelenggarakan Dakwah Islamiyah berlandaskan al Qur’an dan tuntunan Rasulullah SAW.

Staff Kami

Menjadi Program Studi Teknik Kimia yang berkomitmen pada nilai-nilai Islam dan profesionalitas serta berdaya saing global dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat dan Dakwah Islamiyah, pada tahun 2038.