Bismillahirrahmaanirrahiim

Bersama ini kami sampaikan bahwa pelaksanaan Ujian Komprehensif periode Semester Ganjil 2022/2023 tahap ke-1 akan dilaksanakan pada:
Hari        : Rabu
Tanggal  : 16 November 2022
Waktu    :  Sesi 1 (09:00 – 10:00 WIB) dan Remidiasi (13:00 – 14:00 WIB)
Tempat  :  Laboratorium Komputasi dan Simulasi, Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri Gedung K. H. Wahid Hasyim

Berikut ketentuan Ujian Komprehensif:

  1. Sudah Key-In ujian komprehensif pada Semester Ganjil 2022/2023
  2. Prasyarat mata kuliah yang sudah diambil :
    1. Kurikulum 2010 bidang studi Teknik Kimia:
      1. Alat Industri Kimia
      2. Perancangan Pabrik Kimia 2
    2. Kurikulum 2010 bidang studi Teknik Tekstil:
      1. Perancangan Pabrik Tekstil 2
      2. Sistem Manufaktur Tekstil 5
  3. Ujian dilakukan secara luring dan tutup buku/closed book.
  4. Selama ujian tidak diperbolehkan membawa smart phone.
  5. Saat Ujian Komprehensif diperbolehkan membawa kalkulator yang bukan merupakan aplikasi di smart phone.
  6. Bagi mahasiswa yang akan mengulang ujian komprehensif dikenakan biaya Rp. 50.000,- per ujian.
  7. Bagi Mahasiswa yang sudah mendapatkan nilai B tidak diperkenankan untuk mengulang ujian komprehensif.
  8. Daftar mahasiswa yang mengikuti Ujian Komprehensif dapat dilihat pada tabel berikut Jadwal Ujian Komprehensif Semester Ganjil 2022 2023 Ujian ke-1 Musim ke-1 (November 2022)

Harap menjadikan periksa.

Download Pengumuman: Pengumuman Pendadaran Periode November 2022

PENGUMUMAN

No 130/Kaprodi/20/TK/XI/2022

Tentang

PENDADARAN PERIODE NOVEMBER 2022

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Bersama ini diumumkan bahwa:

  1. Pendaftaran Ujian Pendadaran Program Studi Teknik Kimia dibuka mulai tanggal 10-17 November 2022 pukul 16.00 WIB.
  2. Ujian Pendadaran dilaksanakan secara offline/luringpada tanggal 23-25 November 2022.
  3. Syarat-syarat untuk dapat mengikuti Ujian Pendadaran antara lain sebagai berikut:
  • Naskah pendadaran dalam format pdf yang dilengkapi dengan lembar pengesahan yang sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing 1 dan pembimbing 2
  • Softcopy bukti telah melakukan key-in Tugas Akhir di UIIGateway.
  • Softcopy blanko konsultasi tugas akhir (minimal telah melakukan 8 kali konsultasi untuk setiap pembimbing).
  • Soft copy bukti telah Tutup Teori dari UIIGateway.
  • Soft copy nilai CEPT CILACS-UII dengan nilai minimal 422.
  • Softcopy nilai Ujian Komprehensif dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy nilai Kerja Praktik dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy nilai KKN dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy nilai Penelitan telah diseminarkan dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy bukti surat keterangan telah mengumpulkan laporan penelitian dari Program Studi atau surat keterangan telah mengikuti seminar hasil penelitian dari panitia Seminar Penelitian (ISChES)
  • Soft copy Ijazah SMA.
  • Soft copy Akte Kelahiran.
  • Softcopy SK Dosen Pembimbing Tugas Akhir Perancangan Pabrik (SK awal – akhir) dan bukti pembayaran SK pembimbingan.
  • Softcopy kuitansi pembayaran ujian pendadaran sebesar Rp. 450.000 ke Bank Mandiri dengan nomor rekening 1370002283907 a.n. Universitas Islam Indonesia Fakultas Teknologi Industri via mobile banking atau teller bank yang di dalamnya tertulis keterangan tujuan pembayaran dilengkapi nama dan NIM. Tidak diperkenankan melakukan transaksi melalui e-wallet atau pembayaran dalam bentuk uang elektronik lainnya (GoPay, OVO, Shopee, dan lain-lain)
  • Softcopy kuitansi pembayaran SPP terbaru (Angsuran ke-2 Semester Ganjil 2022/2023).
  • Softcopy foto resmi berwarna latar belakang warna biru UII dengan format jpeg (foto dipergunakan untuk buku wisuda dan ijazah)
  • Softcopy status vaksinasi dari aplikasi Peduli Lindungi. Nama wajib terlihat pada screenshoot.
  1. Pendaftaran Ujian Pendadaran dilakukan secara online dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan pada link: http://tiny.cc/PnddrnNov22 sesuai dengan format nama dokumen di Lampiran 1 dan contoh gambar di Lampiran 2.
  2. Mengingat bahwa pendadaran dilakukan secara offline, hal-hal berikut ini harus diperhatikan:
  • Mahasiswa harus selalu menaati protokol kesehatan.
  • Mahasiswa yang berhak untuk hadir di kampus adalah peserta pendadaran sesuai dengan jadwal.
  • Mahasiswa menahan diri untuk tidak melakukan selebrasi (berkerumun, foto bersama, dan sejenisnya)

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadikan periksa. Terima kasih.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Yogyakarta, 10 November 2022

Ketua Jurusan/Program Studi Teknik Kimia

Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Ifa Puspasari, S.T., M.Eng., Ph.D.

Download Pengumuman: Pengumuman Pendadaran Oktober 2022

PENGUMUMAN

No 114/Kajur/Kaprodi Tek.Kimia S1/20/Prodi Tekim-S1/X/2022

Tentang

PENDADARAN PERIODE OKTOBER 2022

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Bersama ini diumumkan bahwa:

  1. Pendaftaran Ujian Pendadaran Program Studi Teknik Kimia dibuka mulai tanggal 06-20 Oktober 2022 pukul 16.00 WIB.
  2. Ujian Pendadaran dilaksanakan secara offline/luringpada tanggal 26-27 Oktober 2022.
  3. Syarat-syarat untuk dapat mengikuti Ujian Pendadaran antara lain sebagai berikut:
  • Naskah Pendadaran dalam format pdf yang dilengkapi dengan lembar pengesahan yang sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing.
  • Softcopy Bukti telah melakukan key-in Tugas Akhir di UIIGateway.
  • Softcopy SK Dosen Pembimbing Tugas Akhir Perancangan Pabrik (SK awal – akhir)
  • Softcopy blanko konsultasi tugas akhir (minimal telah melakukan 8 kali konsultasi untuk setiap pembimbing).
  • Soft copy bukti telah Tutup Teori dari UIIGateway
  • Soft copy lembar pengesahan asli Naskah Pendadaran yang telah ditandatangani Pembimbing 1 dan Pembimbing 2.
  • Soft copy nilai CEPT CILACS-UII dengan nilai minimal 422.
  • Soft copy nilai BTAQ, PNDI, LKID dan S3D dari UIIGateway.
  • Soft copy Ijazah SMA.
  • Soft copy Akte Kelahiran.
  • Softcopy bukti surat keterangan telah mengumpulkan laporan penelitian dari Program Studi atau surat keterangan telah mengikuti seminar hasil penelitian dari panitia Seminar Penelitian (ISChES)
  • Softcopy kuitansi pembayaran uj ian pendadaran via mobile banking atau teller Bank yang di dalamnya tertulis keterangan tujuan pembayaran. Tidak diperkenankan melakukan transaksi melalui e-wallet atau pembayaran dalam bentuk uang elektronik lainnya (GoPay, OVO, Shopee, dan lain-lain)
  • Softcopy kuitansi pembayaran SPP terbaru (Angsuran ke-1 Semester Ganjil 2022/2023).
  • Softcopy foto resmi berwarna latar belakang warna biru UII dengan format jpeg (foto dipergunakan untuk buku wisuda dan ijazah)
  • Softcopy nilai Penelitan telah diseminarkan dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy nilai Komprehensif dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy nilai Keija Praktik dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy nilai KKN dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy status vaksinasi dari aplikasi Peduli Lindungi. Nama wajib terlihat pada screenshoot.
  1. Pendaftaran Ujian Pendadaran dilakukan secara online dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan pada link: http://tiny.cc/FormPnddrnOkt22 sesuai dengan format nama dokumen di Lampiran 1 dan contoh gambar di Lampiran 2.
  2. Mengingat bahwa pendadaran dilakukan secara offline, hal-hal berikut ini harus diperhatikan:
  • Mahasiswa harus selalu menaati protokol kesehatan.
  • Mahasiswa yang berhak untuk hadir di kampus adalah peserta pendadaran sesuai dengan jadwal.
  • Mahasiswa menahan diri untuk tidak melakukan selebrasi (berkerumun, foto bersama, dan sejenisnya)

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadikan periksa. Terima kasih.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Yogyakarta, 6 Oktober 2022

Ketua Jurusan/Program Studi Teknik Kimia

Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Ifa Puspasari, S.T., M.Eng., Ph.D.

Download Pengumuman Pembimbing Penelitian:
113 – Pengumuman Pembimbing Penelitian Periode 3 Oktober 2022

Download Pengumuman Pembimbing Tugas Akhir Prarancangan Pabrik:
112 – Pengumuman Pembimbing Tugas Akhir Prarancangan Pabrik Periode 3 Oktober 2022

Download: Poster 19th ISChES

19th ISChES (Internal Seminar of Chemical Engineering Students Universitas Islam Indonesia)

3 October 2022: Fullpaper submission
4 October 2022: First notification
5 October 2022: Revision of Manuscript & Final Report
5 October 2022: Acceptance notification
6-7 October 2022: Conference date

Topics of Interest (But not limited to),

  • Chemical Engineering Process
  • Chemical Engineering Reaction and Catalysis
  • Polymers and Advanced Materials
  • Food Technology
  • Textile Engineering and Natural Dyes
  • Wastewater Treatment
  • Energy Conversion
  • Renewable Energy
  • Biomass Processing Technology

Mandatory requirements for seminar registration (PDF):

  • Key-in Screenshot (Bukti Key-in)
  • Letter Of Assignment (Surat Tugas Penelitian)
  • Manuscript (Naskah Seminar, Mengikuti Format)
  • Plagiarism Checking Result (Hasil Pengecekan Plagiasi)
  • Final Report (Laporan Penelitian)
  • Page Of Final Report Approval (Halaman Pengesahan)
  • Letter Of Seminar Approval (Surat Persetujan Seminar)
  • Laboratories Confirmation Letter (Surat Bebas Lab)
  • Mentoring Payment Receipt (Bukti Pembayaran Bimbingan)
  • Lab Payment Receipt (Bukti Pembayaran Laboratorium)

 

Registration:
http://s.id/DaftarISChES-19
Download Tutorial & Template:
http://tiny.cc/ISChES19-doc

 

 

 

Download Pengumuman: Pengumuman Pendadaran September 2022

PENGUMUMAN

No 106/Kajur/Kaprodi Tek.Kimia S1/20/Prodi Tekim-S1/IX/2022

Tentang

PENDADARAN PERIODE SEPTEMBER 2022

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Bersama ini diumumkan bahwa:

  1. Pendaftaran Ujian Pendadaran Program Studi Teknik Kimia dibuka mulai tanggal 8-22 September 2022 pukul 16.00 WIB.
  2. Ujian Pendadaran dilaksanakan secara offline/luringpada tanggal 28-29 September 2022.
  3. Syarat-syarat untuk dapat mengikuti Ujian Pendadaran antara lain sebagai berikut:
  • Naskah Pendadaran dalam format pdf yang dilengkapi dengan lembar pengesahan yang sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing.
  • Softcopy Bukti telah melakukan key-in Tugas Akhir di UIIGateway.
  • Softcopy SK Dosen Pembimbing Tugas Akhir Perancangan Pabrik (SK awal – akhir)
  • Softcopy blanko konsultasi tugas akhir (minimal telah melakukan 8 kali konsultasi untuk setiap pembimbing).
  • Soft copy bukti telah Tutup Teori dari UIIGateway
  • Soft copy lembar pengesahan asli Naskah Pendadaran yang telah ditandatangani Pembimbing 1 dan Pembimbing 2.
  • Soft copy nilai CEPT CILACS-UII dengan nilai minimal 422.
  • Soft copy nilai BTAQ, PNDI, LKID dan S3D dari UIIGateway.
  • Soft copy Ijazah SMA.
  • Soft copy Akte Kelahiran.
  • Softcopy bukti surat keterangan telah mengumpulkan laporan penelitian dari Program Studi atau surat keterangan telah mengikuti seminar hasil penelitian dari panitia Seminar Penelitian (ISChES)
  • Softcopy kuitansi pembayaran uj ian pendadaran via mobile banking atau teller Bank yang di dalamnya tertulis keterangan tujuan pembayaran. Tidak diperkenankan melakukan transaksi melalui e-wallet atau pembayaran dalam bentuk uang elektronik lainnya (GoPay, OVO, Shopee, dan lain-lain)
  • Softcopy kuitansi pembayaran SPP terbaru (Angsuran ke-1 Semester Ganjil 2022/2023).
  • Softcopy foto resmi berwarna latar belakang warna biru UII dengan format jpeg (foto dipergunakan untuk buku wisuda dan ijazah)
  • Softcopy nilai Penelitan telah diseminarkan dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy nilai Komprehensif dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy nilai Keija Praktik dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy nilai KKN dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada screenshoot.
  • Softcopy status vaksinasi dari aplikasi Peduli Lindungi. Nama wajib terlihat pada screenshoot.
  1. Pendaftaran Ujian Pendadaran dilakukan secara online dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan pada link: http://tiny.cc/PendadaranSept22 sesuai dengan format nama dokumen di Lampiran 1 dan contoh gambar di Lampiran 2.
  2. Mengingat bahwa pendadaran dilakukan secara offline, hal-hal berikut ini harus diperhatikan:
  • Mahasiswa harus selalu menaati protokol kesehatan.
  • Mahasiswa yang berhak untuk hadir di kampus adalah peserta pendadaran sesuai dengan jadwal.
  • Mahasiswa menahan diri untuk tidak melakukan selebrasi (berkerumun, foto bersama, dan sejenisnya)

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadikan periksa. Terima kasih.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Yogyakarta, 8 September 2022

Ketua Jurusan/Program Studi Teknik Kimia

Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Ifa Puspasari, S.T., M.Eng., Ph.D.

Assalaamu’alaikum wr wb,

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Program Studi Teknik Kimia FTI UII bahwa masa persiapan kuliah Semester Ganjil 2022/2023 diawali dengan KRS atau key in RAS. Tanpa KEY-IN RAS, status menjadi non aktif.

Masa key-in adalah pengajuan rencana kegiatan akademik yang dilakukan oleh mahasiswa secara langsung dengan cara mendaftar mata kuliah yang akan diambil ke dalam Rencana Akademik Semester (RAS) secara online menggunakan UIIRas (gateway.uii.ac.id).

Pelaksanaan: Kamis, 25 Agustus 2022 jam 13.00 – 16.00 WIB (lihat kalender akademik)

Masa revisi key-in: Rabu, 31 Agustus 2022 jam 09.00 – 16.00 WIB

Berikut ini panduan dan ketentuan key-in pada Program Studi Teknik Kimia FTI UII:

  1. Pembayaran SPP (angsuran 1 TA 2022/2023) menjadi syarat untuk dapat melakukan key-in.
  2. Prodi Teknik Kimia menjalankan dua kurikulum pada semester Ganjil 2022/2023:
  • Kurikulum 2010 dan Kurikulum 2020.
  1. Kurikulum 2010 berlaku untuk angkatan 2019, 2018, dan seterusnya.
  2. Kurikulum 2020 berlaku untuk angkatan 2020, 2021, dan 2022.
  3. Tidak ada masa pra-key in untuk mata kuliah (MK) yang ditawarkan oleh Prodi Teknik Kimia.
  4. Mahasiswa diminta untuk berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing Akademik (DPA) terkait perencanaan key-in dan mata kuliah yang akan diambil.
  5. Key-in dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa, pada jadwal key-in yang telah ditentukan, kecuali untuk mahasiswa angkatan 2022.
  6. Key-in paket mata kuliah Semester 1 akan dilakukan  oleh  Mahasiswa angkatan 2022 tidak perlu melakukan key in mandiri dan tidak diperkenankan mengambil mata kuliah semester di atasnya.
  7. Ada beberapa mata kuliah yang nama mata kuliahnya sama tetapi berbeda jumlah sks nya karena perbedaan kurikulum yang digunakan. Mohon diperhatikan bahwa pemilihan mata kuliah harus sesuai dengan kurikulum yang digunakan, mahasiswa tidak diperkenankan mengambil mata kuliah lintas kurikulum.
  8. Daftar mata kuliah yang ditawarkan beserta prasyaratnya adalah sesuai dengan yang tercantum dalam Buku Panduan Akademik.
  9. Sesuai dengan yang dinyatakan dalam Buku Panduan Akademik, mata kuliah pilihan pada Kurikulum 2020 dapat diambil bebas lintas klaster. Perlu diperhatikan bahwa mahasiswa wajib mengambil mata kuliah pilihan selama masa studinya sebanyak 4 mata kuliah pilihan (dengan total 12 sks).

 

Wassalaamu’alaikum wr wb.

 

Program Studi Teknik Kimia

Fakultas Teknologi Industri

Universitas Islam Indonesia

Bagi mahasiswa yang sudah memenuhi syarat tutup teori, pelayanan pendaftaran tutup teori dilaksanakan sebelum masa Ujian Akhir Semester dan Ujian Remediasi berakhir.
Berikut Prosedur Tutup Teori:

  1. Pendaftaran tutup teori HANYA dilayani selama masa Ujian Akhir Semester dan Ujian Remidiasi.
  2. Sebelum mengisi formulir tutup teori, mahasiswa harap memperhatikan syarat-syarat untuk tutup teori.
  3. Syarat tutup teori sebagai berikut:
    • Telah menempuh semua mata kuliah sesuai kurikulum yang berlaku dengan IPK minimal 2,00.
    • Matakuliah non teori boleh belum ditempuh (Ujian Komprehensif, KKN, Kerja Praktik, Penelitian dan Tugas Akhir Prarancangan Pabrik).
    • Lulus semua mata kuliah praktikum dengan nilai minimal C.
    • Tidak memiliki nilai E.
    • Nilai matakuliah universitas minimal C.
  4. Daftar matakuliah universitas:
    • Pendidikan Agama
    • Ibadah dan Akhlak
    • Pendidikan Pancasila
    • Pendidikan Kewarganegaraan
    • Pemikiran & Peradaban Islam
    • Studi Kepemimpinan Islam
    • Kewirausahaan
    • Bahasa Inggris
    • ONDI, BTAQ & LKID
  5. Mahasiswa mengisi form isian tutup teori dan meminta tanda tangan Dosen Pembimbing Akademik (DPA).
  6. Jika sampai batas waktu pengumpulan formulir tutup teori, belum memperoleh tanda tangan DPA, mahasiswa dapat segera menghubungi Prodi melalui e-mail ([email protected]).
  7. Setelah formulir diisi lengkap dan sudah ditanda tangan DPA, formulir tutup teori diupload ke: https://bit.ly/permohonan-tutup-teori-TK

Formulir tutup teori dapat  diunduh di sini.