22nd ISChES (Internal Seminar of Chemical Engineering Students Universitas Islam Indonesia)

31 May 2023: Fullpaper submission

Topics of Interest (But not limited to):

  • Chemical Engineering Process
  • Chemical Engineering Reaction and Catalysis
  • Polymers and Advanced Materials
  • Food Technology
  • Textile Engineering and Natural Dyes
  • Wastewater Treatment
  • Energy Conversion
  • Renewable Energy
  • Biomass Processing Technology

Mandatory requirements for seminar registration (PDF):

  • Key-in Screenshot (Bukti Key-in)
  • Letter Of Assignment (Surat Tugas Penelitian)
  • Manuscript (Naskah Seminar, Mengikuti Format)
  • Plagiarism Checking Result (Hasil Pengecekan Plagiasi)
  • Final Report (Laporan Penelitian)
  • Page Of Final Report Approval (Halaman Pengesahan)
  • Letter Of Seminar Approval (Surat Persetujan Seminar)
  • Laboratories Confirmation Letter (Surat Bebas Lab)
  • Mentoring Payment Receipt (Bukti Pembayaran Bimbingan)
  • Lab Payment Receipt (Bukti Pembayaran Laboratorium)

 

Registration:
http://bit.ly/DaftarISChESGenap22-23

Download Tutorial & Template:
http://bit.ly/ISChES-doc

Revisi hasil seminar:
https://bit.ly/RevisiISChESGenap22-23

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Pendaftaran pendadaran dibuka setiap saat dan akan ditutup 2 minggu sebelum pelaksanaan dimulai.

Tanggal pendadaran dapat dilihat pada kalender akademik prodi (https://che.uii.ac.id/download-2/).
Pendaftaran untuk periode Juni 2023 dibuka sampai tanggal 7 Juni 2023 pukul 18.00 WIB.

Bersama ini diumumkan bahwa:

  1. Pendaftaran Ujian Pendadaran Program Studi Teknik Kimia – Program Sarjana dibuka setiap hari dan ditutup 2 (dua) minggu sebelum tanggal pendadaran dilaksanakan.
  2. Ujian Pendadaran dilaksanakan secara offline/luring sesuai dengan Kalender Akademik Program
    Studi Teknik Kimia – Program Sarjana berikut ini: https://che.uii.ac.id/download-2/.
  3. Syarat-syarat untuk dapat mengikuti Ujian Pendadaran antara lain sebagai berikut:
    1. Naskah pendadaran dalam format pdf yang dilengkapi dengan lembar pengesahan yang sudah
      ditandatangani oleh dosen pembimbing 1 dan pembimbing 2.
    2. Softcopy bukti telah melakukan key-in Tugas Akhir di UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada hasil tangkapan layar.
    3. Softcopy blanko konsultasi tugas akhir (minimal telah melakukan 8 kali konsultasi untuk setiap pembimbing).
    4. Softcopy bukti telah Tutup Teori dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada hasil tangkapan layar.
    5. Softcopy nilai CEPT CILACS-UII dengan nilai minimal 422.
    6. Softcopy Kartu Hasil Studi (KHS) yang tercantum nilai Ujian Komprehensif, Kerja Praktik, KKN, dan Penelitian dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada hasil tangkapan layar.
    7. Softcopy bukti surat keterangan telah mengumpulkan laporan penelitian dari Program Studi atau surat keterangan telah mengikuti seminar hasil penelitian dari panitia Seminar Penelitian (ISChES).
    8. Softcopy Ijazah SMA. Halaman depan dan belakang ijazah wajib terlihat pada hasil tangkapan layar.
    9. Softcopy Akte Kelahiran.
    10. Softcopy Surat Tugas Dosen Pembimbing Tugas Akhir Perancangan Pabrik (SK awal – akhir) dan bukti pembayaran Surat Tugas pembimbingan.
    11. Softcopy kuitansi pembayaran ujian pendadaran sebesar Rp. 450.000 ke Bank Mandiri dengan nomor rekening 1370002283907 a.n. Universitas Islam Indonesia Fakultas Teknologi Industri via mobile banking atau teller bank yang di dalamnya tertulis keterangan tujuan pembayaran dilengkapi nama dan NIM. Tidak diperkenankan melakukan transaksi melalui e-wallet atau pembayaran dalam bentuk uang elektronik lainnya (GoPay, OVO, Shopee, dan lain-lain).
    12. Softcopy kuitansi pembayaran SPP terbaru.
    13. Softcopy foto resmi berwarna latar belakang warna biru UII dengan format jpeg (foto dipergunakan untuk buku wisuda dan ijazah).
    14. Softcopy status vaksinasi dari aplikasi Peduli Lindungi. Nama wajib terlihat pada hasil tangkapan layar.
  4. Pendaftaran Ujian Pendadaran dilakukan secara online dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan pada link: http://bit.ly/DaftarPendadaranGenap22-23 sesuai dengan format nama dokumen di Lampiran 1 dan contoh gambar di Lampiran 2.
  5. Mengingat bahwa pendadaran dilakukan secara offline, hal-hal berikut ini harus diperhatikan:
    1. Mahasiswa harus selalu menaati protokol kesehatan.
    2. Mahasiswa yang berhak untuk hadir di kampus adalah peserta pendadaran sesuai dengan jadwal.
    3. Mahasiswa menahan diri untuk tidak melakukan selebrasi (berkerumun, foto bersama, dan
      sejenisnya)

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadikan periksa. Terima kasih.
Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Yogyakarta, 20 Maret 2023
Ketua Program Studi Teknik Kimia – Program Sarjana
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Cholila Tamzisy, S.T., M.Eng.

[Webinar Safety Induction✨]

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

👋 Halo Sobat Tekkimers

Teriring salam & doa semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Rahmat serta hidayahnya kepada kita semua.

Kami dari Teknik Kimia UII akan mengadakan webinar edukatif lohh dengan tema “Safety Induction”✨ yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

📅 : Sabtu, 6 Mei 2023
⏰ : 08.45 – 23.30 WIB
🖥 : Free via Zoom http://tiny.cc/Safety_Induction

Oiya sobat Tekkimers, webinar ini wajib untuk angkatan 2020, 2021, dan 2022 & Magister.

✨Untuk angkatan 2020, wajib untuk penelitian (bukti kehadiran webinar digunakan untuk ISChES dan masuk laboratorium)
✨Untuk angkatan 2021 dan 2022, wajib dikarenakan untuk kelulusan praktikum menyertakan bukti pernah mengikuti webinar ini

Demikian undangan ini disampaikan. Terimakasih

Billahitaufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Pendaftaran pendadaran dibuka setiap saat dan akan ditutup 2 minggu sebelum pelaksanaan dimulai.

Tanggal pendadaran dapat dilihat pada kalender akademik prodi (https://che.uii.ac.id/download-2/).
Pendaftaran untuk periode Mei 2023 dibuka sampai tanggal 2 Mei 2023 pukul 18.00 WIB.

Bersama ini diumumkan bahwa:

  1. Pendaftaran Ujian Pendadaran Program Studi Teknik Kimia – Program Sarjana dibuka setiap hari dan ditutup 2 (dua) minggu sebelum tanggal pendadaran dilaksanakan.
  2. Ujian Pendadaran dilaksanakan secara offline/luring sesuai dengan Kalender Akademik Program
    Studi Teknik Kimia – Program Sarjana berikut ini: https://che.uii.ac.id/download-2/.
  3. Syarat-syarat untuk dapat mengikuti Ujian Pendadaran antara lain sebagai berikut:
    1. Naskah pendadaran dalam format pdf yang dilengkapi dengan lembar pengesahan yang sudah
      ditandatangani oleh dosen pembimbing 1 dan pembimbing 2.
    2. Softcopy bukti telah melakukan key-in Tugas Akhir di UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada hasil tangkapan layar.
    3. Softcopy blanko konsultasi tugas akhir (minimal telah melakukan 8 kali konsultasi untuk setiap pembimbing).
    4. Softcopy bukti telah Tutup Teori dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada hasil tangkapan layar.
    5. Softcopy nilai CEPT CILACS-UII dengan nilai minimal 422.
    6. Softcopy Kartu Hasil Studi (KHS) yang tercantum nilai Ujian Komprehensif, Kerja Praktik, KKN, dan Penelitian dengan nilai minimal C dari UIIGateway. Nama dan NIM wajib terlihat pada hasil tangkapan layar.
    7. Softcopy bukti surat keterangan telah mengumpulkan laporan penelitian dari Program Studi atau surat keterangan telah mengikuti seminar hasil penelitian dari panitia Seminar Penelitian (ISChES).
    8. Softcopy Ijazah SMA. Halaman depan dan belakang ijazah wajib terlihat pada hasil tangkapan layar.
    9. Softcopy Akte Kelahiran.
    10. Softcopy Surat Tugas Dosen Pembimbing Tugas Akhir Perancangan Pabrik (SK awal – akhir) dan bukti pembayaran Surat Tugas pembimbingan.
    11. Softcopy kuitansi pembayaran ujian pendadaran sebesar Rp. 450.000 ke Bank Mandiri dengan nomor rekening 1370002283907 a.n. Universitas Islam Indonesia Fakultas Teknologi Industri via mobile banking atau teller bank yang di dalamnya tertulis keterangan tujuan pembayaran dilengkapi nama dan NIM. Tidak diperkenankan melakukan transaksi melalui e-wallet atau pembayaran dalam bentuk uang elektronik lainnya (GoPay, OVO, Shopee, dan lain-lain).
    12. Softcopy kuitansi pembayaran SPP terbaru.
    13. Softcopy foto resmi berwarna latar belakang warna biru UII dengan format jpeg (foto dipergunakan untuk buku wisuda dan ijazah).
    14. Softcopy status vaksinasi dari aplikasi Peduli Lindungi. Nama wajib terlihat pada hasil tangkapan layar.
  4. Pendaftaran Ujian Pendadaran dilakukan secara online dengan mengunggah dokumen-dokumen
    persyaratan pada link: http://bit.ly/DaftarPendadaranGenap22-23 sesuai dengan format nama
    dokumen di Lampiran 1 dan contoh gambar di Lampiran 2.
  5. Mengingat bahwa pendadaran dilakukan secara offline, hal-hal berikut ini harus diperhatikan:
    1. Mahasiswa harus selalu menaati protokol kesehatan.
    2. Mahasiswa yang berhak untuk hadir di kampus adalah peserta pendadaran sesuai dengan jadwal.
    3. Mahasiswa menahan diri untuk tidak melakukan selebrasi (berkerumun, foto bersama, dan
      sejenisnya)

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadikan periksa. Terima kasih.
Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Yogyakarta, 20 Maret 2023
Ketua Program Studi Teknik Kimia – Program Sarjana
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
Cholila Tamzisy, S.T., M.Eng.

Berikut kode bayar peneltian mahasiswa angkatan 2017-2019 dan tugas akhir konsentrasi tekstil:

Keterangan: 

  1. Maksimal waktu pembayaran adalah hari Jumat, 17 Maret 2023
  2. Unggah bukti bayar SK Penelitian : http://bit.ly/BuktiBayarSKPenelitian22-23
  3. Unggah bukti bayar SK Tugas Akhir : http://bit.ly/BuktiBayarSKTugasAkhir22-23

Bismillahirrahmaanirrahiim

Bersama ini kami sampaikan bahwa pelaksanaan Ujian Komprehensif periode Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 tahap ke-1 akan dilaksanakan pada:
Hari & tanggal     : Rabu, 1 Maret 2023 dan Selasa, 7 Maret 2023
Waktu    :  Sesi 1 (09:00 – 10:00 WIB), Sesi 2 (10:30 – 11:30 WIB), Sesi 3 (12:30 – 13:30 WIB), Sesi 4 (14:00 – 15:00 WIB).
Tempat  :  Laboratorium Komputasi dan Simulasi, Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri Gedung K. H. Wahid Hasyim

Berikut ketentuan Ujian Komprehensif:

  1. Sudah Key-In ujian komprehensif pada Semester Genap 2022/2023
  2. Prasyarat mata kuliah yang sudah diambil :
    1. Kurikulum 2010 bidang studi Teknik Kimia:
      1. Alat Industri Kimia
      2. Perancangan Pabrik Kimia 2
    2. Kurikulum 2010 bidang studi Teknik Tekstil:
      1. Perancangan Pabrik Tekstil 2
      2. Sistem Manufaktur Tekstil 5
  3. Ujian dilakukan secara luring dan tutup buku/closed book.
  4. Selama ujian tidak diperbolehkan membawa smart phone.
  5. Saat Ujian Komprehensif diperbolehkan membawa kalkulator yang bukan merupakan aplikasi di smart phone.
  6. Bagi mahasiswa yang akan mengulang ujian komprehensif dikenakan biaya Rp. 50.000,- per ujian.
  7. Bagi Mahasiswa yang sudah mendapatkan nilai B tidak diperkenankan untuk mengulang ujian komprehensif.
  8. Daftar mahasiswa yang mengikuti Ujian Komprehensif dapat dilihat pada tabel berikut :

Harap menjadikan periksa.

Download pengumuman: Pengumuman Pendadaran Periode Maret 2023

PENDADARAN PERIODE MARET 2023
Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Bersama ini diumumkan bahwa:

  1. Pendaftaran Ujian Pendadaran Program Studi Teknik Kimia dibuka mulai tanggal 21 Februari – 9 Maret 2023 pukul 23:59 WIB
  2. Ujian Pendadaran dilaksanakan secara offline/luring pada tanggal 15-16 Maret 2023.
  3. Syarat-syarat untuk dapat mengikuti Ujian Pendadaran antara lain sebagai berikut:
    1. Tercatat sebagai mahasiswa aktif pada semester Genap 2022/2023
    2. Telah dinyatakan lulus yudisium tutup teori
    3. Lulus ujian komprehensif dengan nilai minimal C
    4. Nilai Kerja Praktek minimal C
    5. Nilai Penelitian minimal C
    6. Nilai KKN minimal C
    7. Memiliki sertifikat CEPT-CILACS UII yang masih berlaku dengan nilai minimal 422.
    8. Telah melaporkan minimal 75% tahapan pengerjaan pada periode pelaporan Februari 2023.
    9. Telah menyelesaikan administrasi pembimbingan tugas akhir sampai dengan SK pembimbingan terakhir.
    10. Melampirkan dokumen pendukung persyaratan pendaftaran.
  4. Dokumen pendukung yang harus diupload meliputi:
    1. Naskah pendadaran dalam format pdf yang dilengkapi dengan lembar pengesahan yang sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing 1 dan pembimbing 2
    2. Softcopy blanko konsultasi tugas akhir (minimal telah melakukan 8 kali konsultasi untuk setiap pembimbing)
    3. Soft copy nilai CEPT CILACS-UII dengan nilai minimal 422
    4. Softcopy bukti surat keterangan telah mengumpulkan laporan penelitian dari Program Studi atau surat keterangan telah mengikuti seminar hasil penelitian dari panitia Seminar Penelitian (ISChES)
    5. Soft copy Ijazah SMA.
    6. Soft copy Akte Kelahiran.
    7. Softcopy SK Dosen Pembimbing Tugas Akhir Perancangan Pabrik (SK awal – akhir) dan bukti pembayaran SK pembimbingan
    8. Softcopy kuitansi pembayaran ujian pendadaran sebesar Rp. 450.000 ke Bank Mandiri dengan nomor rekening 1370002283907 a.n. Universitas Islam Indonesia Fakultas Teknologi Industri via mobile banking atau teller bank yang di dalamnya tertulis keterangan tujuan pembayaran dilengkapi nama dan NIM. Tidak diperkenankan melakukan transaksi melalui e-wallet atau pembayaran dalam bentuk uang elektronik lainnya (GoPay, OVO, Shopee, dan lain-lain)
    9. Softcopy foto resmi berwarna latar belakang warna biru UII dengan format jpeg
    10. Softcopy status vaksinasi dari aplikasi Peduli Lindungi
  1. Pendaftaran Ujian Pendadaran dilakukan secara online dengan mengunggah dokumen persyaratan pada link: http://tiny.cc/PendadaranMaret23 sesuai dengan format nama dokumen di Lampiran 1
  2. Mengingat bahwa pendadaran dilakukan secara offline, hal-hal berikut ini harus diperhatikan:
    1. Mahasiswa harus selalu menaati protokol kesehatan.
    2. Mahasiswa yang berhak untuk hadir di kampus adalah peserta pendadaran sesuai dengan jadwal.
    3. Mahasiswa menahan diri untuk tidak melakukan selebrasi (berkerumun, foto bersama, dan sejenisnya)

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadikan periksa. Terima kasih.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

 

Yogyakarta, 21 Februari 2023

Ketua Jurusan/Program Studi Teknik Kimia

Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

Ifa Puspasari, S.T., M.Eng., Ph.D.

 

Lampiran:

  1. Soft file Naskah Pendadaran yang dilengkapi dengan lembar penegsahan. Format pdf: NIM_NAMA_NASKAH PENDADARAN
  2. Blanko konsultasi tugas akhir. Format pdf: NIM_NAMA_BLANKO KONSULTASI
  3. Nilai CEPT CILACS-UII (Center for International Languages and Culture Studies) minimal 422. Format pdf: NIM_NAMA_CEPT
  4. Bukti surat keterangan telah mengumpulkan CD laporan penelitian dari Program Studi atau surat keterangan telah mengikuti seminar hasil penelitian dari panitia Seminar Penelitian (ISChES). Format pdf: NIM_NAMA_PENELITIAN
  5. Ijazah SM Format pdf: NIM_NAMA_IJAZAH
  6. Akte Kelahiran. Format pdf: NIM_NAMA_AKTA
  7. SK Dosen Pembimbing Tugas Akhir Perancangan Pabrik (SK awal – akhir) dan bukti pembayaran SK pembimbingan dalam 1 file. Format pdf: NIM_NAMA_SK PEMBIMBING
  8. Kuitansi pembayaran pendadaran. Format pdf: NIM_NAMA_PEMBAYARAN PENDADARAN
  9. Foto resmi. Format jpeg: NIM_NAMA_FOTO
  10. Status vaksinasi dari aplikasi peduli lindungi. Nama wajib terlihat pada Format pdf: NIM NAMA STATUS VAKSINASI.

 

Download: Poster 21th ISChES

21th ISChES (Internal Seminar of Chemical Engineering Students Universitas Islam Indonesia)

3 March 2022: Fullpaper submission
5 March 2022: First notification
6 March 2022: Revision of Manuscript & Final Report
7 March 2022: Acceptance notification
8 March 2022: Conference date

Topics of Interest (But not limited to),

  • Chemical Engineering Process
  • Chemical Engineering Reaction and Catalysis
  • Polymers and Advanced Materials
  • Food Technology
  • Textile Engineering and Natural Dyes
  • Wastewater Treatment
  • Energy Conversion
  • Renewable Energy
  • Biomass Processing Technology

Mandatory requirements for seminar registration (PDF):

  • Key-in Screenshot (Bukti Key-in)
  • Letter Of Assignment (Surat Tugas Penelitian)
  • Manuscript (Naskah Seminar, Mengikuti Format)
  • Plagiarism Checking Result (Hasil Pengecekan Plagiasi)
  • Final Report (Laporan Penelitian)
  • Page Of Final Report Approval (Halaman Pengesahan)
  • Letter Of Seminar Approval (Surat Persetujan Seminar)
  • Laboratories Confirmation Letter (Surat Bebas Lab)
  • Mentoring Payment Receipt (Bukti Pembayaran Bimbingan)
  • Lab Payment Receipt (Bukti Pembayaran Laboratorium)

 

Registration:
http://s.id/DaftarISChES-21

Download Tutorial & Template:
http://tiny.cc/ISChES21-doc

Bagi mahasiswa yang telah memenuhi syarat, pendaftaran tutup teori untuk Semester Ganjil 2022/2023 dibuka dalam 2 tahap:

Pendaftaran Tahap I maksimal 13 Januari 2023

Pendaftaran Tahap II maksimal 3 Februari 2023

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

  1. Sebelum mengisi Form mahasiswa harap memperhatikan syarat-syarat untuk tutup teori.
  2. Syarat tutup teori sebagai berikut:
  • Telah menempuh semua mata kuliah teori sesuai kurikulum yang berlaku dengan IPK minimal 2,25.
  • Mata kuliah non teori boleh belum ditempuh (Ujian Komprehensif, KKN, Kerja Praktik, Penelitian dan Tugas Akhir Prarancangan Pabrik).
  • Lulus semua mata kuliah praktikum dengan nilai minimal C.
  • Tidak memiliki nilai E.
  • Nilai matakuliah universitas minimal C.
  • Nilai D maksimal 10% dari total SKS
  1. Daftar matakuliah universitas
  • Pendidikan Agama
  • Ibadah dan Akhlak
  • Pendidikan Pancasila
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Pemikiran & Peradaban Islam
  • Studi Kepemimpinan Islam
  • Kewirausahaan
  • Bahasa Inggris
  1. Mengisi form isian tutup teori dan dimintakan tanda tangan Dosen Pembimbing Akademik (DPA).
  2. Setelah formulir diisi lengkap, silakan upload melalui http://tiny.cc/TutupTeoriGanjil22-23
  3. Prosedur tutup teori dilakukan secara ONLINE.

 

Formulir tutup teori dapat diunduh di sini.