web analytics

ADMISI

Proses pendaftaran mahasiswa baru Program Studi Teknik Kimia Program Magister dapat dilakukan setiap saat dengan dua kali intake dalam setahun: Semester Ganjil dan Semester Genap.

  • Pendaftaran untuk Semester Ganjil berakhir pada bulan Agustus
  • Pendaftaran untuk Semester Genap berakhir pada bulan Februari

PRODI ASAL MAHASISWA

Calon mahasiswa merupakan lulusan S1/D4 Teknik Kimia atau program studi lain yang berkaitan seperti: Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Nuklir, Teknologi Industri Pangan dan Pertanian, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Fisika, Fisika, Kimia, Kimia Terapan, Pendidikan Kimia, dan lain-lain.

Disediakan program matrikulasi bagi mahasiswa dengan latar belakang non-Teknik Kimia.

FASILITAS

  • Terdapat 2 Program Perkuliahan:
    • Reguler (offline)
    • Kelas Karyawan (blended: online & offline)
  • Tersedia beberapa skema Beasiswa
  • Kesempatan mendapatkan Hibah Tesis
  • Laboratorium untuk riset tesis

BIAYA KULIAH

Komponen biaya perkuliahan di Program Studi Magister Teknik Kimia FTI UII meliputi:

Komponen Biaya (Rp)
SPP selama 4 Semester @7.500.000 30.000.000
Dana Pengembangan Akademik 4.000.000
Seminar Proposal Tesis 1.000.000
Ujian Tesis 1.000.000
TOTAL 36.000.000

Adapun mekanisme pembayarannya dilakukan 2 kali per semester, yaitu di awal semester dan menjelang Ujian Tengah Semester.

Berikut ini skema pembayaran biaya perkuliahan dengan asumsi lulus selama 4 semester:

Semester 1 Semester 2 Semester 3 Semester 4
Angsuran 1 Angsuran 2 Angsuran 1 Angsuran 2 Angsuran 1 Angsuran 2 Angsuran 1 Angsuran 2
4.000.000 5.000.000 4.000.000 5.000.000 4.000.000 5.000.000 4.000.000 5.000.000

Bagi lulusan non Teknik Kimia diwajibkan mengikuti program matrikulasi dengan tambahan biaya sebesar Rp. 2.000.000

Biaya di atas belum termasuk biaya riset tesis yang besarannya bervariasi sesuai dengan kebutuhan riset masing-masing mahasiswa. Terdapat berbagai peluang untuk mendapatkan hibah penelitian tesis baik dari pihak internal UII maupun institusi eksternal.

BEASISWA

Program Studi Teknik Kimia Program Magister UII menyediakan beberapa skema Beasiswa.

1. Beasiswa Alumni UII

  • Alumni UII yang menjadi mahasiswa Program Magister Teknik Kimia UII baik program regular maupun karyawan otomatis mendapatkan beasiswa 25% SPP sehingga hanya perlu membayarkan SPP sebesar 75% selama maksimal 4 semester .
  • Beasiswa 50% SPP diberikan kepada Alumni UII yang berkomitmen untuk menyelesaikan studi kelas karyawan (blended) dalam maksimal 4 semester dan mempublikasikan 1 paper di jurnal bereputasi di luar publikasi tesis.

2. Beasiswa Program Reguler

  • Mahasiswa yang memilih program regular (offline) dan mempublikasikan 1 paper di jurnal bereputasi di luar publikasi tesis berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa 50% SPP hingga maksimal 4 semester.
  • Magister Teknik Kimia memberikan beasiswa 100% SPP untuk 2 orang mahasiswa yang memilih program regular (offline), berkomitmen untuk menyelesaikan studi dalam maksimal 4 semester dan mempublikasikan 2 paper di jurnal bereputasi di luar publikasi tesis.

PROSEDUR PENDAFTARAN

Prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke laman https://daftar.uii.ac.id/index.php/login untuk membuat NIU dan password. (Khusus bagi non-alumni UII. Untuk alumni UII dapat menggunakan NIU dan pasword saat S1)
  2. Masuk ke laman https://admisi.uii.ac.id dan menyelesaikan semua proses registrasi.
  3. Mengirimkan dokumen-dokumen berikut ini ke email [email protected]:
    1. Formulir pendaftaran (Form-Registrasi-Magister-Teknik-Kimia-UII) yang telah dilengkapi;
    2. Bukti transfer biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 ke nomor rekening Bank Mandiri 1370021941568 a.n. Universitas Islam Indonesia;
    3. Motivation letter dan study plan bagi pendaftar Beasiswa Program Reguler;
    4. Pindai ijazah S1/D4 (Teknik Kimia atau Prodi lain yang berkaitan dengan bidang teknik kimia);
    5. Pindai Transkrip Nilai dengan IPK minimal 3.00 (skala 4.00);
    6. Pindai sertifikat kecakapan Bahasa Inggris (CEPT/TOEFL/IBT/IELTS) yang masih berlaku;
    7. Pindai sertifikat Tes Potensi Akademik yang masih berlaku;
    8. Softfile pasfoto berwarna;
    9. Pindai KTP;
    10. Surat keterangan kerja (bagi karyawan).
  4. Mengikuti seleksi wawancara.